' Situasi Indonesia, Data 27 Mei 2020 : Positif 23.851 Sembuh 6.057 Meninggal 1.473 Orang (sumber covid-19.go.id) ----- Mari Putus Rantai Penyebaran Virus Corona Dengan menjaga jarak antar Orang per Orang (Physical distancing) ----- Pesan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo : Satu Visi dan Strategi Tangani Covid-19

Jokowi Centre Apresiasi TNI/POLRI Pengamanan Ibu Kota

Bentrok antara aparat keamanan dan provokator yang berusaha menciptakan kerusuhan, pada tgl 21-22 Mei 2019 di beberapa titik di ibukota: BAWASLU (Jln Thamrin), Petamburan (Tanah abang), dan Jatinegara,  yang bertujuan untuk mendeligitimasi hasil pemilu.
Kejadian tersebut tidak mengurangi legitimasi seluruh proses pemilu yang berlangsung secara aman dan damai.
Jokowi centre menyampaikan hal hal sebagai berikut:
1. Kami mengapresiasi tindakan tegas, cepat dan terukur yang dilakukan oleh TNI/ POLRI dalam mengamankan Ibukota, dari tahapan tahapan yang persuasif hingga tindakan represif dalam koridor hukum dan peraturan yang berlaku, sehingga bentrokan aparat dengan massa perusuh dapat segera diatasi dengan baik.
2. Ketegasan aparat keamanan dalam melakukan penindakan dan penangkapan para provokator kerusuhan, dimana kerusuhan tersebut diduga didanai oleh pihak-pihak tertentu yang ingin  mengancam keberadaan pemerintahan yang sah. Untuk itu, Jokowi centre menyerukan agar pihak aparat mengusut secara tuntas dalang, otak dan pendana demo anarkis yang terjadi agar di masa mendatang tidak terulang kejadian yang sama.
3. Jika terdapat indikasi dan bukti yang kuat bahwa ada upaya makar, kami berharap agar diusut tuntas sampai ke akar-akar, dan segera melakukan panangkapan aktor-aktor terkait. Jika memang tidak ada memang tidak ada indikasi dan bukti yang kuat upaya makar, kami menghimbau agar pihak aparat memberikan informasi & klarifikasi yang menyejukkan kepada masyarakat, untuk mencegah kesimpang siuran informasi.
4. Menyikapi meluasnya gerakan radikal/ intoleran yang mempolitisasi agama yang dilakukan oleh HTI dan jaringannya, perlu dilakukan tindakan perventif, mendasar & menyeluruh demi terciptanya stabilitas politik Indonesia dalam jangka panjang.
5. Kami mendesak agar partai politik peserta pemilu, para caleg, & BPN Paslon 02 yang tidak puas dengan hasil perhitungan resmi yang diumumkan oleh KPU, pada tanggal 21 Mei 2019, menempuh jalur hukum sesuai ketentuan yang berlaku melalui Mahkamah Konstitusi(MK).
6. Kami mengajak para elite partai politik, tokoh masyarakat dan tokoh agama agar menciptakan kesejukan dan kedamaian ditengah masyarakat dengan menghentikan berbagai bentuk provokasi dan hasutan yang bisa menciptakan keresahan dan konflik horizontal ditengah tengah masyarakat. Mari bergandengan tangan merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
7. Akhirnya, Jokowi Centre menyampaikan apresiasi yang setulus tulusnya kepada penyelenggara Pemilu: KPU, BAWASLU dari tingkat pusat dan daerah, PPK, KPPS yang telah menyelenggarakan pemilu dengan langsung, umum, bebas dan rahasia (LUBER) secara tepat waktu sesuai dengan tahapan yang ada hingga pengumuman hasil perhitungan suara resmi PILPRES 2019.
Jokowi Centre juga menyampaikan penghormatan dan duka yang mendalam atas meninggalnya 500 pahlawan demokrasi selama proses penyenlengaraan pemilu.

 

Jakarta, 23 Mei 2019
Kordinator Nasional Jokowi Centre
 
Sahat M Lumbanraja     Imanta Ginting
   Ketua Harian     Sekretaris Jenderal

 

You may like