SIARAN PERS
SIKAP POLITIK JOKOWI CENTRE
TERKAIT DENGAN PILKADA SERENTAK 2018
“PILKADA DAMAI DAN BERMARTABAT MENUJU INDONESIA MAJU”

Jokowi Centre adalah sebuah gerakan relawan menuju Indonesia Maju, yang dibentuk untuk memenangkan Bapak Joko Widodo agar terpilih kembali pada periode ke 2(dua), pada PEMILU 2019 yang akan datang.

Terkait dengan PILKADA serentak  yang akan berlangsung di 17 Provinsi, 39 Kotamadya, dan 115 kabupaten yang akan diselenggarakan pada tanggal 27-Juni-2018, Presidium Nasional Relawan Jokowi Centre(RJC) menyampaikan sebagai berikut:

Momentum Pemilihan Kepala Daerah(Pilkada) adalah satu kesempatan rakyat Indonesia untuk menentukan Kepala Daerah yang tepat untuk memajukan daerah masing-masing sesuai dengan kehendak rakyat. Ketepatan memilih pemimpin pasti mempercepat kemajuan suatu bangsa, memajukan suatu daerah.

Sebaliknya, kesalahan memilih pemimpin dapat mengakibatkan stagnasi pembangunan atau bahkan kemunduran, serta pemborosan uang negara, baik karena pengalokasian anggaran yang tidak tepat maupun karena meluasnya praktek korupsi.

Rakyat Indonesia telah menentukan pilihan yang cerdas dengan memilih Bapak Joko Widodo sebagai Presiden ke 7, pada pemilu 2014 yang lalu. Di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo/ Jusuf Kalla, Indonesia sedang mengejar ketertinggalan yang cukup jauh dari negara negara tetangga.

Jokowi melakukan pembangunan yang begitu cepat, dan merata hampir di seluruh Indonesia dari Timur sampai ke Barat, dari Utara sampai ke Selatan yakni Pembangunan Indonesia Sentris. Presiden bekerja keras menepati janjinya satu persatu. Walaupun, belum sepenuhnya bisa memenuhi semua keinginan rakyat, di sana sini masih ada ketidakpuasan berbagai kelangan. Akan tetapi, Presiden Joko Widodo telah menunjukkan tekad, totalitas dan pengabdian yang luar biasa kepada rakyat Indonesia.

Jokowi Centre mengingatkan dan mengajak semua pihak agar menjadikan PILKADA DKI sebagai peringatan dan pelajaran berharga. Kami mengajak semua pihak: partai politik, para calon kepada daerah dan para pendukungnya untuk berkontestasi secara sehat dan bermartabat, dengan menghindari politik uang(money politic) serta penggunaan sentiment Suku, Agama, Ras & Antara golongan(SARA) untuk memenangkan PILKADA.

Kami mengajak para relawan pendukung partai politik dan calon kepala daerah mengikuti teladan Presiden Joko Widodo, agar melakukan komunikasi politik yang beradab dan santun, menjauhkan diri dari kampanye hitam & penyebar luasan hoaks di media social. Dengan kontestasi politik yang beradab, siapapun yang menang tidak akan merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Terkait dengan pilihan politik di tiap daerah kami menyerukan kepada seluruh relawan Presiden Joko Widodo untuk menggunakan pedoman sebagai berikut: Pilihlah calon kepala daerah yang memiliki integritas, kinerja yang baik(pekerja keras) & mendekati kemampuan Presiden Joko Widodo. Pilihlah calon kepala daerah yang di dukung oleh partai politik pendukung utama yang telah bekerja keras mendukung terpilihnya Joko Widodo pada pemilu 2014 yang lalu. Yang tidak kalah pentingnya  adalah meneliti latar belakang(track record) yang baik, bersih dari kemungkinan praktek korupsi dan berfikiran untuk kemajuan.

Untuk membantu pemenang calon kepala daerah yang kita dukung, bersinergilah dengan seluruh organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo, bekerjalah bergandengan tanganlah dengan partai politik calon kepala daerah yang didukung oleh partai politik pendukung Joko Widodo. Koordinator daerah harus menentukan pilihan yang jelas sesuai dengan pedoman umum Jokowi Centre(JC), dengan tetap berkonsultasi kepada Koordinator Nasional(Kornas) Jokowi Centre(JC).

Demikian arahan dan siaran pers ini kami sampaikan agar dipedomani sebagaimana mestinya. Jokowi Centre menyerukan PILKADA DAMAI DAN BERMARTABAT MENUJU INDONESIA MAJU.

Jakarta, 17 Januari 2018
Wassalam

IMANTA GINTING
SEKRETARIS JENDRAL